Selasa, 29 November 2016

LAPORAN USAHA
OREO GORENG BAHAGIA
Diajukan sebagai salah satu
Materi Uji Praktik Kompetensi




Disusun Oleh :

Nama                         : Mayang Muriayana Saputri
Kelas                         : XII
Program Keahlian     : Administrasi Perkantoran


YAYASAN PENDIDIKAN BINA BANGSA
SMK GARUDA BANGSA
Jalan Raya Nanggerang No. 70, Tajurhalang
Kabupaten Bogor
2016





KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan laporan usaha ini. Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya, dan mudah-mudahan kita selaku umatnya.
Tujuan penyusunan laporan usaha ini adalah untuk diajukan sebagai salah satu Uji Praktik Kompetensi tahun pelajaran 2016/2017, serta dimaksudkan agar siswa/siswi dapat mengembangkan kemampuan wirausahanya.
Saya menyadari bahwa dalam penyusunan laporan usaha ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih kepada :
1.         Ibu Dedeh Nuryani S.Pd, selaku Ketua Yayasan Pendidikan Bina Bangsa.
2.         Bapak Moerjono SE, selaku Kepala Sekolah SMK Garuda Bangsa.
3.         Bapak Asep S.Sos, selaku Wakasek bidang kurikulum.
4.         Bapak Rudi S.Pd, selaku Wakasek bidang kesiswaan.
5.         Bapak M. Serly S.Pd, selaku Guru pembimbing kewirausahaan.
6.         Bapak/ Ibu guru serta staf SMK Garuda Bangsa yang telah membantu dalam memberrikan masukan dan motivasinya.
7.         Orang Tua yang selalu mendo’akan dan memberikan dukungan baik secara moril ataupun material.
8.         Teman-teman atas dukungan dan semangatnya.
9.         Semua pihak yang terkait dalam penyusunan laporan ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari Allah SWT. Laporan usaha ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu segala saran dan kritik yang bersifat membangun dari semua pihak sangat saya harapkan dalam rangka menuju perbaikan yang lebih baik. Semoga laporan ini bermanfaat bagi pembaca guna mengembangkan kemampuan  kewirausahaannya.


            Tajurhalang, Desember 2016


Penyusun


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .............................................................................
DAFTAR ISI .............................................................................................
BAB I      PENDAHULUAN ....................................................................
1.1     Latar Belakang ....................................................................
1.2     Visi Usaha ...........................................................................
1.3      Misi Usaha ..........................................................................
BAB II    ANALISA PELUANG USAHA .............................................
2.1  Analisa SWOT ....................................................................
a.    Strength  (Kekuatan) .......................................................
b.   Weakness (Kelemahan) ...................................................
c.    Opportunity (Peluang) .....................................................
d.   Threat (Ancaman) ...........................................................
BAB III   MARKETING MIX
3.1  Produk .................................................................................
a.    Bahan-Bahan ..................................................................
b.   Peralatan Yang Diperlukan .............................................
c.    Cara Pembuatan ..............................................................
3.2  Harga ...................................................................................
a.    Perhitungan Modal .........................................................
b.   Harga Jual .......................................................................
3.3     Distribusi .............................................................................
3.4  Promosi.................................................................................
BAB IV   PERHITUNGAN LABA/RUGI .............................................
BAB V    ANALISA KEUNTUNGAN ..................................................
BAB VI   PENUTUP ................................................................................
a.    Kesimpulan ............................................................................
b.    Saran ......................................................................................


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Untuk menghadapi tantangan bisnis termasuk menghadapi konsumen, maka sebagai pelajar kita juga harus belajar dalam memasarkan suatu produk. Saya mencoba melakukan sebuah usaha sederhana untuk mendapatkan sebuah pembelajaran menjadi seorang wirausahawan. Pada kesempatan ini, saya mencoba menawarkan suatu produk makanan yaitu Oreo Goreng Bahagia.
Produk makanan ini mungkin masih asing atau bahkan belum populer di kalangan masyarakat. Dari namanya saja sudah memberikan rasa heran kepada masyarakat “Oreo digoreng? Gimana rasanya?” ini memberikan peluang untuk saya sendiri karena masyarakat menjadi tertarik sehingga ingin mencoba dan membelinya.
Pembuatan makanan terbaru ini dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higinies, serta dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Adonan donat yang berisikan oreo ini memiliki rasa yang lezat, dan sangat lembut saat dinikmati sehingga membuat konsumen merasa senang atau bahagia saat mencobanya dan akan terasa lebih nikmat apabila dinikmati bersama teh, kopi, atau  minuman hangat lainnya.


1.2  Visi Usaha
Menjadikan produk usaha Oreo Goreng Bahagia menjadi makanan yang terlezat, ternikmat, dan bergizi dengan harga yang sangat terjangkau.

1.3  Misi Usaha
-          Disiplin dan ulet dalam usaha.
-          Membuat dari bahan yang berkualitas.
-          Melayani dengan pelayanan terbaik.


BAB II
ANALISA PELUANG USAHA
2.1  Analisa SWOT
a.    Strength  (Kekuatan)
·         Dapat dikonsumsi untuk semua kalangan.
·         Tidak ada pesaing yang menjual produk yang sama.
·         Bahan baku mudah didapatkan.
·         Tempat penjualan yang strategis.
·         Harga cukup murah dan terjangkau.
·         Pelayanan yang memuaskan, rapi dan bersih.
b.    Weakness (Kelemahan)
·           Hanya bertahan selama 1 hari (24 jam).
·           Kemasan produk harus selalu terjaga.
·           Harga bahan baku tidak stabil.
·           Produk mudah ditiru
c.    Opportunity (Peluang)
·           Keunikkan nama produk atau masih asing di masyarakat membuat masyarakat berminat untuk mencobanya.
·           Digemari oleh sebagian besar masyarakat.
d.   Threat (Ancaman)
·           Adanya pesaing yang menjual berbagai makanan yang lebih menarik dan relatif murah.
·           Tidak stabilnya harga bahan baku.


BAB III
MARKETING MIX
3.1 Produk
Produk yang saya pasarkan adalah “Oreo Goreng Bahagia” yang merupakan cemilan sebagai selingan atau sarapan di pagi hari. Adapun bahan-bahan, peralatan yang diperlukan, dan cara pembuatannya adalah sebagai berikut :
a.      Bahan
·      Tepung terigu
·      Oreo
·      Telur
·      Margarin
·      Minyak goreng
·      Gula halus
·      Garam
·      fernipam
b.      Peralatan Yang Diperlukan
·      Wajan
·      Baskom
·      Sendok
·      Sodet
·      Tupperware




c.         Cara Pembuatan

  •  Sediakan bahan-bahan dan perlengkapan yang akan digunakan untuk membuat produk ini.
  • Ambil wadah atau baskom. Masukkan tepung terigu, telur, margarin, fernipam, air es dan garam secukupnya. Aduk rata hingga menjadi sebuah adonan.
  • Biarkan adonan sampai 10 menit. Jika sudah, masukkan oreo kedalam adonan tersebut, dan buat adonan menjadi bentuk bulat hingga adonan menutupi permukaan oreo.
  •  Panaskan minyak goreng, dan goreng adonan yang berisi oreo hingga berwarna kuning kecoklatan.
  • Angkat dan masukkan ke dalam  tempat yang telah disediakan.
  • Oreo Goreng Bahagia siap untuk dijual.
3.2 Harga
a.    Perhitungan Modal
No
Nama Bahan
Satuan
Banyaknya item
Harga Satuan
Total
1
 Tepung terigu
Kg
2 Kg
 Rp      6.500
 Rp  13.000
2
Oreo
Bungkus
2 Bungkus
 Rp      8.500
 Rp  17.000
3
Gula halus
Bungkus
1 Bungkus
 Rp      5.500
 Rp    5.500
4
Telur
Kg
¼ Kg
 Rp      1.250
 Rp    5.000
5
Fernipam
Sachet
2 Sachet
 Rp      2.000
 Rp    4.000
6
Minyak goreng
Kg
¼ Kg
 Rp      3.000
 Rp    3.500
7
Margarin
Bungkus
1 Bungkus
 Rp      5.000
 Rp    5.000
8
Garam
Bungkus
1 Bungkus
 Rp      1.000
 Rp    1.000
TOTAL
Rp   54.000

b.   Harga Jual
Ø Harga jual per pcs
Modal                     Rp. 54.000
Jumlah Pcs                      90 pcs
Ø Harga Pokok Penjualan   =   Modal           :    Jumlah pcs
                                        =   Rp. 54.000    :    90 pcs
                                        =   Rp. 600,-
Ø Harga Jual Produk           =   Rp. 1000,-
3.3  Distribusi
Pemasaran dilakukan pada pagi hari dan siang hari, secara langsung bertemu atau bertatap muka dengan konsumen.
3.4 Promosi
Promosi dilakukan dengan cara memasarkan di lingkungan Madrasah Islam dan daerah sekitar Nanggerang. Setelah itu berkeliling ke Perumahan Graha Nanggerang, Perumahan Bukit Puri, dan Lapangan Tegar beriman.

BAB IV
PERHITUNGAN LABA DAN RUGI

Ø  Jumlah Keuntungan Perhari
=     Pcs         ×      Harga Jual Satuan
=   90 Pcs      ×      Rp. 1000,-
=   Rp. 90.000,-
Ø  Keuntungan
=   Harga Jual Keuntungan     -    Modal
=               Rp. 90.000,-           -    Rp. 54.000,-
=   Rp. 36.000,-
Ø  Persentasi Keuntungan
Target Pencapaian      =   100%

= Keuntungan      :      Modal           ×     100%
= Rp. 36.000        :      Rp. 54.000    ×     100%
= 66,67%


BAB V
ANALISA KEUNTUNGAN

*     Jumlah produk                                 =          90 buah
*     Prediksi penjualan                            =          100%
*     Harga produk satuan                       =          Rp. 600,-
*     Harga jual/ buah                               =          Rp. 1000,-
*     Laba yang di dapatkan persatuan    =          Rp. 400,-
*     Harga jual seluruhnya                      =          Rp. 90.000,-
*     Laba keseluruhan                             =          Rp. 36.000,-


BAB VI
PENUTUP
a.    Kesimpulan
Dari kegiatan ini, saya menarik kesimpulan bahwa pelajar sangat memerlukan pembelajaran seperti ini, yang bukan hanya teori saja tetapi langsung praktik ke lapangan. Dengan  hal ini kita bisa secara langsung merasakan bagaimana berinteraksi pada konsumen, menawarkan dan menjual produk dengan baik dan benar.
b.   Saran
Peran guru mata pelajaran kewirausahaan sangat penting untuk diadakannya bimbingan dan pembelajaran sebelum siswa-siswi melakukan praktik ke lapangan. Misalnya etika dalam menawarkan sebuah produk. Untuk siswa-siswi SMK Garuda Bangsa semoga dengan adanya laporan ini menjadi pemicu untuk terus berkreasi, berinovasi dalam berwirausaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar